Minggu, 22 April 2012

Forrest Gump

[Forrest Gump]


1994
Tom Hanks

Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Forrest Gump yang dibesarkan oleh ibu nya dengan penuh perjuangan. Forrest sering diejek dan dijauhi oleh kawan-kawannya karena kecerdasannya yang di bawah rata-rata. Namun di luar ketidakmampuannya itu, ia memiliki kemampuan lari yang cepat. Di hari pertama sekolahnya, ia melihat Jenny yang tidak lain adalah anak perempuan yang ia sukai sejak taman kanak-kanak. Jenny juga tinggal di dekat rumah Forrest. Namun cinta Forrest bertepuk sebelah tangan.

Setelah lulus SMA, Forrest mendaftar militer dan ditugaskan di Vietnam. Di asrama ia berteman dengan pria berkulit hitam yang bernama Bubba, yang selalu mengatakan keuntungan berbisnis tambak udang pada Forrest. Bubba merencanakan bisnis itu bila setelah perang usai. Dalam  peletonnya Forrest sangat berjasa karena kemampuan lari cepatnya. Ia menyelamatkan banyak prajurit yang terluka termasuk komandan yang putus asa karena terkena serangan yang membuat sebagian tubuhnya hancur. Namun karena kegigihan Forrest dalam meyakinkan sang komandan, akhirnya komandan dapat terselamatkan. Meski ia terluka karena terkena tembakan, namun ia diberi penghargaan atas aksi kepahlawanannya di medan perang.

Forrest yang dalam masa penyembuhan di rumah sakit asrama menemukan talenta yang terpendam. Yaitu tenis meja atau biasa disebut dengan pingpong. Forrest menjadi terkenal dan membawa nama negaranya ke ajang internasional kontra tim Cina. Setelah itu, ia bertemu dengan Jenny yang telah lama tak tampak dalam hidupnya pada demonstrasi menolak perang. Tetapi Forrest kecewa akan Jenny yang telah bergaya hidup ala hippie.

Forrest dewasa menghabiskan waktunya untuk melakukan pencarian teman kecil perempuannya yang hilang. Ia mengeluarkan uang tabungannya untuk membeli kapal penangkap udang seperti yang dijanjikannya pada Bubba. Pada awalnya, usahanya selalu gagal tapi dengan kerja keras dan pantang menyerah, dan dibantu oleh komandannya yang telah pensiun karena cacat, ia pun menjadi seorang yang sukses dan mampu untuk membiayai keluarga Bubba.

Suatu hari, Jenny kembali dan menemui Forrest, yang kemudian melamarnya. Jenny menolak, tetapi merasa harus membuktikan cintanya kepada Forrest dengan tidur bersamanya. Jenny kemudian pergi pagi-pagi benar. Tanpa berpikir panjang, Forrest memilih untuk melakukan perjalanan. Mungkin secara impulsif, ia memutuskan untuk berlari mengelilingi Amerika Serikat, selama lebih dari tiga setengah tahun, dan menjadi terkenal.

Sekembalinya di kemudian hari, ia mendapatkan surat dari Jenny, yang melihatnya sedang berlari di televisi, memintanya untuk datang. Setelah bertemu, Forrest menyadari bahwa Jenny telah memiliki seorang anak laki-laki, yang adalah anak mereka berdua. Jenny memberitahu Forrest bahwa Jenny sedang sakit karena virus (kemungkinan AIDS). Ketiganya kemudian kembali ke Greenbow, Alabama. Jenny dan Forrest akhirnya menikah, tetapi tak lama kemudian Jenny meninggal dunia.


Forrest memiliki sifat bertanggung jawab terhadap apa yang telah ia komitmenkan dalam dirinya. Meski Jenny telah meninggal dunia, Forrest tetaplah Forrest. Kini ia memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengurus anak laki-lakinya yang diberi nama Forrest Jr.



"Tanggung jawab yang besar ada pada dalam diri yang berjiwa besar".



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More