Rabu, 25 April 2012

Owl City


[ Owl City ] 


Adam Young


Adalah sebuah proyek musik second wave synth pop milik Adam Young yang album perdananya di rekam pada tahun 2007 silam. Apa yang menarik dari Owl City? Saya akan membahas tentang pengalaman menarik saya setelah mengetahui Owl City.

Kali pertama saya mendengar lagu Owl City berawal dari mencopy lagu secara acak di warnet. Sesampainya di rumah, saya langsung mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik yang telah di copy. Dan tak sengaja ada lagu yang membuat saya menjadi penasaran. Selain itu, alunan melodi synth yang dibawakan sungguh menciptakan kesan manis dan indah. Kalau tidak salah, waktu itu saya mendengarkan lagu yang berjudul "Hot Air Balloon".

Tak kenal maka tak sayang, itulah kalimat yang terlintas di benak saya. Lantas, dengan segera saya mencari informasi di internet siapakah Band yang menyanyikan lagu tersebut. Ternyata hasil dari penelusuran adalah "Owl City". Yang semakin membuat penasaran bertambah lagi adalah, saat mengetahui bahwaOwl City hanya beranggotakan 1 orang yakni Adam Young. Mulai saat itulah setiap saya terkoneksi dengan internet, hal pertama yang saya lakukan adalah mencari lagu-lagu dari Owl City dan mendownload sebanyak-banyaknya untuk dijadikan koleksi utama.

Namun ada hal lain yang ingin saya sampaikan tentang Owl City selain pengalaman saya yang di tulis di atas ini. Melihat dari makna dan kandungan lirik serta melodi yang disuguhkan Owl Ciy kepada pendengar, sungguh menyegarkan suasana dan menyenangkan. Karena Adam Young menulis lirik-lirik jitu tentang pengalaman hidupnya yang sungguh indah. Terbukti disaat fill in synth yang berirama ceria, menyentuh hati dan membuat kita menjadi riang.

Menurut saya, itulah yang membuat Owl City berbeda dari band-band lain. Selain karena lihai pada lirik-lirik yang puitis namun bukan dalam artian tentang cinta yang pada umumnya menjadi tema utama pada band-band lain, Owl City juga memiliki genre elektronika yang berbeda. Mungkin "Cheerful Electronica Pop" jikalau saya yang menilai dan memilih nama genre apa yang cocok untuk Owl City.

Berikut ini adalah beberapa lagu yang menurut saya menginspirasikan keindahan, baik dari segi makna maupun nada:
  • Hot Air Balloon
  • Firelies
  • Vanilla Twilight
  • The Tip Of The Iceberg
  • On The Wing
  • Cave In
  • If My Heart Was A House
  • I'll Meet You There

Dan baru-baru ini Adam Young berkolaborasi dengan DJ Senior asal Belanda Armin Van Buuren dengan lagu yang berjudul "Youtopia". Saya pribadi langsung tertarik dengan lagu ini dimulai dari intro. Benar-benar bernada indah, hanya itu yang dapat saya sampaikan.




"Keindahan yang terdapat dalam pengalaman pribadi dapat dituangkan melalui media apa saja. Contohnya Adam Young yang mau berbagi keindahan lewat nada-nada dan lirik Owl City yang dapat menginspirasikan kita".

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More