Selasa, 10 Juni 2014

Berbagai Macam Motor DC


Motor DC

·         Motor DC adalah piranti elektronika yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak atau rotasi. motor DC menggunakan sumber tegangan searah atau batterai.
·         Motor Servo adalah  motor DC yang dilengkapi rangkaian kendali dengan sistem closed feedback yang terintegrasi dengan motor DC tersebut.
·         Motor gearbox adalah motor DC yang  telah dilengkapi oleh sejumlah gear, sehingga menghasilkan putaran yang stabil dan memiliki torsi yang besar.
·         Motor stepper = motor DC yang arah/sudut putarannya dapat diatur atau gerakannya bertahap. motor DC jenis ini memiliki akurasi yang tinggi tergantung dari pengaturannya.

RPM dan PWM

RPM = merupakan satuan untuk mengukur kecepatan perputaran motor DC
PWM = digunakan untuk mengatur pulsa yang diberikan ke motor DC sehingga dapat mengatur arah perputaran serta kecepatan motor DC.

dalam modul U-1009C digunakan inisialisasi untuk mengatur arah cw, ccw, onc, dan ofc. onc dan ofc digunakan untuk mengatur kecepatan dari motor DC. ketika onc delaynya lebih besar daripada ofc maka motor DC akan bergerak lebih cepat. begitu kebalikannya ketika delay ofc lebih besar dari onc maka motor DC berputar lebih lambat.

Rumus untuk menghitung RPM
RPM = (jumlah pulsa / 18 ) X (1/0,2) X 60 --> rumus ini digunakan dalam modul U-1009C


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More