Rabu, 25 April 2012

Once Upon Time In A Mexico


[ Once Upon Time In A Mexico ] 




2003
Antonio Banderas, Salma Hayek, Johnny Depp


Mengisahkan tentang rencana kudeta Barillo terhadap pemerintahan Meksiko yakni sang Presiden yang tidak lain sebagai sasaran utama. Namun El Mariachi (Antonio Banderas) tidak tinggal diam, ia berprinsip untuk selalu membela negara dimana tempat ia dilahirkan dan dibesarkan meski harus mengorbankan nyawanya. El Mariachi di rekrut oleh agen CIA yang bernama Sheldon Sans (Johnny Depp) untuk membunuh Jenderal Marquez demi menghentikan kudeta yang akan segera dilakukan.

Beberapa tahun yang lalu, El Mariachi dan istrinya Carolina (Salma Hayek) beserta sang putri  tertangkap dalam penyergapan yang diketuai oleh Jenderal Marquez, menyebabkan tewas dan lukanya beberapa orang pada saat penyergapan itu termasuk istri dan buah hati El Mariachi. Hal tersebutlah yang membuat El Mariachi takkan bisa melupakan masa lalunya. 

Selain El Mariachi, Sheldon merekrut Agen Jorge Ramirez untuk membantu menyelesaikan misi ini. Meski Agen Jorge telah pensiun, ia tetap bersikukuh untuk membela kebenaran dan menangkap pelaku pembunuhan yang menewaskan rekan kerjanya. Ia berjanji akan menuntaskan kasus yang tak kunjung selesai itu.

Banyak intrik dan plot yang cukup kompleks dalam film ini, sehingga benar-benar memperlihatkan betapa sulitnya menegakkan keadilan melawan para pejabat korup yang gila akan kekuasaan. Presiden Meksiko yang dijadikan sasaran pada kudeta yang akan dilakukan pada Festival Orang Mati (budaya Meksiko) sepertinya tidak akan ada harapan baginya untuk melanjutkan pemerintahan bahkan hidupnya pun jua.

Berkat bantuan dari warganegara yang baik sepert El Mariachi dan kawan-kawan serta Agen dan ajudan-ajudan yang mau membela negara dengan melindungi Presiden sampai titik darah penghabisan, komplotan Barillo dan para kroni Jenderal Marquez dapat diselesaikan dengan baik. Kerjasama tim dan koordinasi yang apik serta aksi yang menegangkan membuat kita menjadi mengerti makna dari apa pandangan hidup yang sesungguhnya.



"Aksi kepimpinan El Mariachi telah menyadarkan kawan-kawannya tentang apa pentingya kemerdekaan yang hakiki dibanding hal lain-lainnya di muka bumm ini. Mungkin uang dapat menyenangkan hidup kita, tetapi ingatlah bahwa kemerdekaan itu lebih dari sekedar uang yang dianggap segalanya. Kekuasaan yang dapat memenuhi hasrat untuk berkuasa sebagai pemimpin mungkin itu bukan ide yang buruk, tetapi jika itu semua dalam keadaan tidak merdeka maka apalah arti kekuasaan?"

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More